BAB 1
“Internet dan
Intranet”
A. Pengertian
Internet dan Intranet
Internet adalah
singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan
antarjaringan computer (network). Sedangkan network sendiri diartikan sebagai
suatu system komunikasi data antaromputer. Contoh jaringan computer yang paling
sering kita temukan misalnya LAN (Local Area Network) yang menghubungkan
komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu seperti
kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dll. Jadi, pengertian internet secara umum
(menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan
bekerja sebagai suatu system. Sedangkan pengertian internet secara khusus
(inilah yang sering terpakai dan yang dimaksud dalam pembahasan ini) adalah
suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan
komputer yang ada di dunia ini. Untuk ringkasnya, internet adalah jaringan
komputer global, sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan intranet.
Dibanding dengan LAN
konvensional, internet memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut:
1. Tampilan antarmuka
layaknya sebuah web (multimedia) pada sistem operasi, program, maupun
databasenya.
2. Memiliki fasilitas
standar internet, seperti browser, e-mail, search engine, chatting, FTP.
3. Dukungan integrasi
database dan kompabilitas dengan perangkat lunak yang telah ada, seperti
Foxpro, SQL, maupun Oracle.
Keuntungan penggunaan
intranet bagi suatu organisasi atau perusahaan antara lain :
• Produktifitas kerja
• Efisiensi waktu
• Komunikasi
• Sistem publikasi
web
• Efektifitas biaya
• Keseragaman
informasi
• Meningkatkan
kerjasama
Intranet juga
memiliki beberapa kelemahan antara lain
• Informasi yang
salah atau tidak sesuai sehingga mengurangi efektifitasnya
• Interaksi di
intranet yang mungkin tidak bertanggung jawab
• Perlu pelatihan
khusus untuk anggota dalam menggunakan intranet
• Perlu tenaga ahli
untuk membangun dan mengembangkan intranet di sebuah organisasi atau perusahaan
• Bisa terjasi
overload (data penuh) akibat pengiriman pesan antar pengguna yang tidak
terkontril dengan baik.
B. Sejarah Internet
Sejarah dari adanya
intenet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S.
Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan
riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk
jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970,
sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga
mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Tahun 1972, Roy
Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang
lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi
populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambang penting
yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai
dikembangkan ke luar Amerika Serikat.
Komputer University
College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang
menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer
yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih
besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan
untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah
berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil
mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.
Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET
membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan
Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun
1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi
pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video
link.
Karena komputer yang
membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol
resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission
Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua.
Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan
Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda,
Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan
newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan
alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem
nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer
yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih.
Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat
manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko
Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet
Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali
melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini
membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah,
ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa
menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk
jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer
yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan
di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs
internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya
virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di
tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape
Navigator 1.0.
C. Beberapa Fasilitas
Internet
- WWW (World Wide
Web), lebih dikenal dengan web, merupakan fasilitas yang berisi database
terdistribusi. Kita dapat mengakses berbagai informasi melalui situs web yang
berupa teks, gambar, suara, film, maupun multimedia. Untuk mengakses web
dibutuhkan software yang disebut browser (seperti; Internet Explorer, Opera,
Mozilla firefox, Netscape Communicator, dll)
- E-MAIL (Elektronik
Mail), digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Dengan
menggunakan e-mail, kita dapat mengirim dan menerima e-mail dari dan ke
pengguna internet di seluruh dunia.
- Mailing List,
merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik dengan menggunakan
fasilitas e-mail
- Telnet, merupakan
fasilitas untuk mengakses remote computer yang terletak di tempat lain. Dengan
menggunakan fasilitas ini, pemakai jarak jauh dapat mengendalikan, menukar file
antar pengguna komputer, dan menjalankan program yang ada di computer tersebut.
Agar dapat mengakses telnet, pengguna komputer harus registrasi terlebih
dahulu.
- FTP (File Transfer
Protokol), digunakan untuk mengambil data file secara elektronik. Proses
mengirim file dari sebuah komputer ke komputer anda disebut dengan proses
download, sedangkan proses mengirim file dari komputer anda ke komputer lain
disebut upload.
- Gopher, system
dimana pemakai dapat mengakses informasi di computer lain. Beda gopher dengan
web adalah gopher tidak bisa menampilkan gambar, melainkan hanya teks. Oleh
sebab itu gopher mulai banyak ditinggalkan para pemakai internet saat ini.
- Chatting, merupakan
suatu fasilitas untuk berkomunikasi, dimana pemakai dapat saling berdiskusi
atau berbincang-bincang dengan pemakai lain.
- Newsgroup, biasa
disebut ruang percakapan bagi para anggota yang mempunyai kepentingan sama.
D. Unsur-Unsur
Website atau Situs
Unsur-unsur yang
harus ada dalam situs antara lainsebagai berikut.
1. Domain Name.
2. Hosting
3. Design Web
4. Publikasi
E. Kegunaan Internet
Dampak Positif:
1. Internet sebagai
media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana
setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh
dunia.
2. Media pertukaran
data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web,
jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling
bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk
mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www
sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan
memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang
terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai
lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan
bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi
menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak Negatif:
1. Pornografi
Anggapan yang mengatakan
bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan
penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk
mengantisipasi hal ini, para produsen browser melengkapi program mereka dengan
kemampuan untuk memilih jenis homepage yang dapat di-akses.Di internet terdapat
gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada
seseorang untuk bertindak kriminal.
2. Violence and Gore
Kekejaman dan
kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia
internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara
agar dapat menjual situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang
bersifat tabu.
3. Penipuan
Hal ini memang
merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu.
Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
4. Carding
Karena sifatnya yang
real time (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah
carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet
pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang
terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan
Kartu Kredit) online dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya
mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan
mereka.
5. Perjudian
Dampak lainnya adalah
meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu
pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu
menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan
memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.
6. Mengurangi sifat
sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada
bertemu secara langsung (face to face).
7. Dari sifat sosial
yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
8. Kejahatan seperti
menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut
berkembang).
9. Bisa membuat
seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan
uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.
0 komentar:
Posting Komentar